Pengenalan Sistem Operasi Pada Komputer

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi Komputer adalah perangkat lunak atau software yang melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi dasar sistem lainnya. Ini termasuk menjalankan software aplikasi seperti program pengolah data, yang memudahkan kegiatan manusia. Sistem Operasi, atau biasa disebut Operating system (OS), adalah istilah Inggris untuk sistem operasi.

Sistem operasi komputer adalah software pada lapisan pertama yang diinstal pada hardisk/SSD (bukan memori RAM) saat komputer dihidupkan. Namun, program lain dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi melakukan layanan inti umum untuk program tersebut.

Layanan inti umum seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling tugas, dan antarmuka pengguna tidak lagi dibutuhkan oleh software tertentu untuk melakukannya. Kernel suatu sistem operasi adalah bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti.

Sistem operasi menghubungkan lapisan hardware dan software. Selain itu, sistem operasi menjamin bahwa berbagai aplikasi dapat bekerja secara bersamaan dengan lancar, dan melakukan semua perintah perintah penting pada komputer. Aplikasi perangkat lunak lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan mengakses sistem file melalui Sistem Operasi Komputer.

Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh Sistem Operasi Komputer

Contoh dari sistem operasi komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain-lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka (interface) sistem operasi Windows 11, Linux (Elementary), dan Mac OS X.

Tampilan Windows 11


Tampilan Linux Elementary


Tampilan Mac OS

Dari ketiga contoh tampilan OS diatas, Linux Elementary dan Mac OS memiliki tampilan yang hampir sama. Sedangkan OS windows memiliki ciri khasnya tersendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel