PENGERTIAN DAN FUNGSI ISP, WEB, MODEM DAN LINE TELEPON

INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

Pengertian ISP

Definisi Penyelenggara Jasa Internet (ISP) atau Penyelenggara Jasa Internet (PJI) adalah bisnis atau kelompok yang menawarkan layanan koneksi internet kepada individu, perkantoran, kampus, sekolah, dan tempat lain.

PENGERTIAN DAN FUNGSI ISP, WEB, MODEM DAN LINE TELEPON

Fungsi penyedia layanan internet (ISP)

  • Sebagai media yang menyediakan layanan yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet.
  • Menghubungkan pelanggan ke gateway internet terdekat.
  • Memberikan modem untuk dial-up.
  • Menghubungkan pengguna ke layanan Internet.
  • Memungkinkan pengguna menggunakan layanan surat elektronik (e-mail).
  • Memungkinkan pengguna berbicara melalui internet.
  • Memberikan lokasi untuk homepage.
  • ISP melindungi pelanggan dari virus dengan menerapkan sistem antivirus untuk mereka.

WEB

Pengertian WEB

Website atau situs adalah kumpulan halaman yang menampilkan data seperti teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, video, dan gabungan dari semua ini. Website ini saling terkait dan membentuk rangkaian bangunan yang saling terkait yang dikenal sebagai jaringan halaman. Jika konten website tetap dan tidak pernah berubah, itu disebut statis. Jika itu dinamis, konten tersebut selalu berubah dan interaktif dengan pengguna dan pemilik.

Contoh website statis adalah profil perusahaan, sedangkan website dinamis seperti Friendster, Multiply, dll. Dalam hal pengembangan, website statis hanya dapat diupdate oleh pemilik, sedangkan website dinamis dapat diupdate oleh pengguna dan pemilik.

Fungsi WEB

Media Promosi: Website dapat berfungsi sebagai search engine atau toko online, atau berfungsi sebagai media promosi utama; namun, website dapat berisi informasi yang lebih lengkap daripada media promosi offline seperti koran atau majalah. 

Media Pemasaran: Toko online atau sistem afiliasi adalah media promosi yang cukup baik karena dibandingkan dengan toko biasa di dunia nyata, toko online dapat berfungsi sebagai media promosi utama.

Media Informasi: Portal web, radio atau televisi online, dan situs web lainnya menyediakan informasi global yang dapat diakses dari mana saja dengan koneksi internet. Dengan demikian, mereka dapat menjangkau lebih banyak orang daripada media informasi konvensional seperti koran, majalah, radio, atau televisi lokal.
 
Media Pendidikan: Beberapa komunitas membangun website khusus yang berisi informasi atau artikel ilmiah, seperti wikipedia.

Media Komunikasi: Banyak website yang dirancang khusus untuk berkomunikasi, seperti forum, yang memungkinkan para anggotanya berbagi informasi atau membantu memecahkan masalah.

MODEM

Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan dari Modulator dan Demodulator. Modulator mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirim, sedangkan Demodulator memisahkan sinyal informasi (berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi dapat diterima dengan baik. Modem adalah kombinasi kedua-duanya, artinya adalah alat komunikasi dua arah. Perangkat seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain-lain biasanya memiliki bagian yang disebut "modem", tetapi umumnya istilah "modem" lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk berbicara dengan komputer.

Modem menerima sinyal digital dari komputer untuk diubah menjadi sinyal analog. Ketika modem menerima sinyal analog dari sumber luar, sinyal analog tersebut diubah kembali ke sinyal digital untuk diproses oleh komputer. Sinyal analog dapat dikirim melalui berbagai jenis media telekomunikasi, seperti telepon dan radio. Ketika sinyal analog tiba di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah kembali ke sinyal digital dan dikirimkan kembali ke pad. Modem eksternal dan internal adalah dua kategori fisik modem.

Fungsi Modem

Modem memiliki dua fungsi utama: mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan sebaliknya. Saat ini, modem telah dilengkapi dengan fitur voice modem, yang memungkinkannya berfungsi bukan hanya sebagai penyedia koneksi internet tetapi juga dapat berfungsi sebagai saluran audio, radio, percakapan telepon, dan streaming video.

LINE TELEPON

Pengertian Line Telepon (Saluran Telepon)

Saluran telepon adalah perangkat keras penting yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Selain itu, modem dial up juga digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Misalnya, dengan paket Telkomnet Instant, kita dapat secara langsung mengakses internet tanpa perlu mendaftar ke penyedia layanan internet (ISP).

Fungsi Line Telepon (Saluran Telepon)

Fungsi Line Telepon (Saluran Telepon) untuk menghubungkan komputer dengan internet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel